10.30.2010

Apa Itu Studentsite?

Studentsite adalah salah satu fasilitas online yang memudahkan mahasiswa Universitas Gunadarma mengetahui info-info kemahasiswaan,kalender akademik, nilai IP, jadwal kuliah, dll. Didalam studentsite, kita juga dapat terhubung dengan mahasiswa lainnya. Jika kita masuk ke dalam www.studentsite.gunadarma.ac.id, maka kita akan melihat tampilan

Halaman Utama
Dalam halaman ini sudah tertera informasi seputar mahasiswa dan perkuliahan. Tetapi kita harus login untuk dapat menikmati fitur-fitur yang lebih lengkap yang telah disediakan. Dan inilah tampilan setelah login.

Halaman Setelah Login

Didalam studentsite, mahasiswa dapat mecaritahu berita-berita terkini tentang Universitas Gunadarma yang juga dimuat di situs resmi universitas. Selain itu, segala berita akademis yang bersumber dari BAAK  juga dapat dilihat dalam suatu fitur studentsite, yaitu Locker. Fitur Locker ini juga memuat pesan dari dosen (Lecture Messages), yang mencakup nilai, jadwal kuliah, jadwal ujian, dan tugas. Tugas softskill yang saya buat ini juga didapat dari fitur ini. Selain itu, masih banyak lagi fitur yang terdapat dalam studentside. Pada pojok kanan atas Locker terdapat menu layanan studentsite yang berisi Jadwal Kuliah, Jadwal Ujian, Bebas Perpustakaan, Surat Keterangan, Info Absensi, Pendaftaran Lomba Blog, Info Seminar, Tulisan, Warta Warga, dan Komunitas Blog. Untuk Jadwal Kuliah, Jadwal Ujian, Surat Keterangan, Info Absensi kita sudah pasti tahu apa kegunaannya. Bebas Perpustakaan adalah layanan perpustakaan online, mungkin bisa dibilang mirip dengan e-library. Kta dapat mengetahui jadwal seminar atau workshop, dan seminar apa yang akan diadakan diUniversitas Gunadarma dalam pilihan Info Seminar. Kalau Tulisan dan Tugas tidak jauh berbeda fungsinya, hanya untuk memposting blog kita yang berisi tugas maupun tulisan ke studentsite. Warta Warga adalah tempat kita memposting tulisan atau artikel yang kita buat diluar tugas. Dan terakhir adalah Blog Komunitas, yaitu komunitas para blogger mahasiswa Gunadarma. Di forum ini, komunitas terbagi-bagi menurut bidangnya, seperti Perbankan, Linux, Fotografi, Robotika, Arsitektur, Ekonomi Syariah, Pasar Modal.
Diatas Locker juga terdapat fitur fitur yang juga membantu seperti Address Book, Email, Calendar,Info Logs, File Manager, dll. Kita juga pasti sudah tau apa fungsi dari masing-masing fitur, kalau belum silahkan masuk ke dalam website ini untuk mempermudahnya. Selain itu ada fitur Address Book yang bisa menyimpan contact person, fitur forum mahasiswa yang berguna untuk saling terhubung dengan mahasiswa lainnya di Gunadarma dan bertukar informasi, Kemudian ada juga Bookmark yang merupakan tempat mahasiswa menyimpan daftar situs favorit yang mereka kunjungi. Jika keperluan kita sudah selesai, jangan lupa logout dari account studentsite supaya informasi yang ada didalamnya aman. Jika ingin mengubah informasi tentang account, kita dapat edit melalui pilihan di kiri halaman. Disitu kita dapat merubah informasi, email, sampai password.
Begitulah luar dan dalam dari www.studentsite.gunadarma.ac.id. Menurut saya, layanan online ini sangat membantu bagi mahasiswa Gunadarma untuk mencari informasi segar juga update dari kampus, dan juga bagi para dosen agar terhubung dengan mahasiswa secara online.

No comments:

Post a Comment