4.06.2012

Perbedaan Pemrograman Terstruktur Dan Berbasis Objek

Pengertian Pemrograman Terstruktur
Pemrograman terstruktur adalah suau proses untuk mengmplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dlam bentuk program.
Selain pengertian diatas Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis, dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami.
Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah jika suau proses telah sampai pada suatu titik / langkah tertentu, maka proses selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya / kembali lagi kebaris sebelumnya, kecuali pada langkah-langkah untuk proses berulang (Loop).
Bahasa pemrograman yag mendukung pemrograman terstruktur :
1.       C
2.       Cobol Turbo Prolog
3.       Pascal
4.       Delphi dan masih banyak lagi
Perograman terstruktur memiliki beberapa sifat-sifat seperti :
a.       Membuat teknik pemecahan masalah yang logis dan sistematis
b.      Membuat algoritma yag efisien, efektif dan sederhana
c.       Program disusun dengan logika yang mudah dipahami
d.      Tidak menggunakan perintah GOTO
e.      Biaya pengujian relative rendah
f.        Memiliki dikumentasi yang baik
g.       Biaya perawatan dan dokumentasi yang dibutuhkan relative rendah
Berdasarkan penjelasan diatas, sangat jelas sekali bahwa pemrograman terstruktur unggul dalam melakukan pemrograman sederhana karena lebih efisien dan lebih murah dalam hal perawatannya tetapi, perodelan ini lebih susah dipahami oleh orang-orang selain pemuat program itu sendiri (contohnya ketika dilakukan tracing program).
Beberapa keunggulan OOP :
1.       Pengubahan program ( berupa penambahan atau penghapusan fitur tertentu). Peruahan yang dilakukan antara lain menyangkut penambahan dan penghapusan database dalam  suatu program.
2.       Maintenance program lebih mudah dibaca dan dipahami, pemrograman berorientasi obyek mengontrol kerumitan  program hanya dengan mengijinkan rincian yang dibutuhkan untuk programmer.
3.       Dapat dignakannya obyek-obyek sesering yang diinginkan kita dapat menyimpan obyek-obyek yang dirancang dengan baik ke dalam sebuah toolkit rutin yang bermanfaat yang dapat disisipkan kedalam kode yang baru dengan sedikit peruahan atau tanpa perubahan pada kode tersebut
Jadi sangat jelas sekali bahwa pemrograman berorientasi objek sangat cocok sekali digunakan dalam kasus pembuatan software yang rumit dan kompleks karena memberikan berbagai kemudahan kepada pemrograman seperti yang telah disebutkan diatas.

Pengertian Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman berorientasi objek (OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigm ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur, setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Bahasa pemrograman yang medukung OOP antara lain :
1.       Java
2.       C++
3.       Pascal
4.       SIMULA
5.       Smalltalk
6.       Ruby
7.       Python
8.       Visual FoxPro
9.       PHP
10.   C#
11.   Delphi
12.   Eiffel
13.   Adobe Flash AS 3.0
14.   Perl
15.   Visual Basic.NET

Perbedaan Mendasar Antara OOP dan Pemrograman Terstruktur Adalah :
Dengan menggunakan OOP maka dalam melakukan pemecahan suatu masalah kita tidak dapat melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi objek-objek apa yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut. Sedangkan untuk pemrograman terstruktur meggunakan prosedur/ tata cara yang teratur untuk mengoperasikan data struktur.
Untuk tata nama, keduanya pun memiliki tatanan yang sama walaupun memiliki pengertian sendiri :
Object Oriented menggunaka “method “ sedangkan terstruktur menggunakan “function”. Bila di OOP sering didengar mengenai object maka terstruktur dikenal dengan modules. Begitu pula halnya dengan “message” pada OOP dan “argument” pada terstruktur. “attribute” pada OOP juga memiliki tatanan nama yang sepadan dengan “variable” pada pemrograman terstruktur.




Nama  : Faisal Muslim
NPM   : 59410127
Kelas  : 2IA14
Partner: http://muh-fahri.blogspot.com

No comments:

Post a Comment